News

Menjelaskan Teori Relativitas dengan Cara Sederhana

Menjelaskan Teori Relativitas dengan Cara Sederhana
January 3, 2018


 

Bukan pekerjaan mudah menjelaskan teori relativitas milik Albert Einstein, kepada khalayak. Namun, siswi 18 tahun asal Filipina ini mampu menjawab tantangan tersebut.

Lewat sebuah video berdurasi tiga menit, Hillary Diane Andales, nama siswi tersebut, menjelaskan teori relativitas Einstein dengan perumpamaan yang sederhana.

Mula-mula dia mengatakan bahwa alam semesta itu relatif. Bagaimana cara seseorang memandang alam semester, tergantung dari dari mana dia mengamatinya.

Andales mencontohkan, sifat relatif gelombang suara dapat disimpulkan ketika seorang pengamat berdiri di pinggir jalan, untuk mendengarkan suara mobil yang lewat. Bila diperhatikan, suara mobil bergerak dari kecil, lalu kencang, hingga akhirnya kecil kembali.

Namun, hal yang sama tidak berlaku bagi mereka yang mendengarkan suara mobil dari dalam mobil, atau di belakang mobil. Artinya, terdapat perbedaan hasil pengamatan yang berbeda-beda dari satu objek yang sama.

Berkat upaya kreatifnya, Andales memenangkan Breakthrough Junior Challange 2017, dengan mengantongi uang senilai $400.000 dalam bentuk dana pendidikan, dan $250.000 dalam bentuk dana beasiswa. Total seluruhnya ialah $650.000 atau Rp8,7 miliar.

Dilansir dari IFL Science, uang $50.000 dari total yang Andales dapatkan, kabarnya akan dia berikan kepada guru sainsnya.

Breakthrough Junior Challange 2017 merupakan ajang yang ditujukan kepada anak muda seluruh dunia, untuk menyulap teori-teori sains yang njlimet dalam bentuk video sederhana.


http://www.jurnas.com/artikel/27246/Jelaskan-Relativitas-dengan-Gaya-Unik-Siswi-Ini-Bawa-Pulang-Rp87-Miliar/