News

Cinta Lingkungan, Suvenir Resepsi Berupa Bibit Tanaman

Cinta Lingkungan, Suvenir Resepsi Berupa Bibit Tanaman
January 8, 2018


 

Pesta pernikahan yang dilakukan pasangan Ikhwan (23) dan Siti (20), warga Kecamatan Megaluh, Jombang, lain dari yang lain. Pesta pernikahan tersebut mengusung konsep ramah lingkungan, tanpa sampah plastik.

Kedua mempelai berkomitmen melakukan edukasi ke masyarakat perihal pentingnya upaya serius secara terus menerus untuk mengurangi penggunaan plastik. Prosesi pernikahan sejoli itu dilakukan Senin (8/1/2018) di Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh.

Untuk mewujudkan konsep ramah lingkungan itu, Ikhwan bersama komunitas Baramuda Megaluh dan Komunitas Peduli Sampah Jombang menyusun hiasan pelaminan dari bahan 1.888 botol ecobrick karya para aktivis Jombang dan Tuban. Sebanyak 424 kg sampah plastik digunakan membuat ecobrick yang digunakan sebagai penghias dekorasi panggung pernikahan dan kursi pelaminan.

Sedangkan souvenir yang dibagikan kepada para undangan berupa bibit tanaman sayur dan kompos dari komunitas Baramuda Jombang. "Untuk sajian minuman, kami tidak menggunakan air mineral kemasan plastik sekali pakai. Namun, diganti dengan wadah berbahan beling," kata Ikhwan sembari menunjuk barang-barang yang dimaksud.

Warga Desa Balongsari ini mengaku prihatin dengan kerusakan alam akibat sampah plastik efek industrialisasi. Ia meyakini, edukasi #StopNyampahPlastik kepada masyarakat harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Dilakukan dengan berjejaring secara terus menerus.

gambar:ilustrasi


http://www.beritajatim.com/gaya_hidup/318048/dekorasi_pelaminan_dari_botol_bekas,_souvenir_bibit_sayuran.html