News

Cara Mudah Mendeteksi Makanan yang Bikin Gula Darah Naik

Cara Mudah Mendeteksi Makanan yang Bikin Gula Darah Naik
January 12, 2018


 

Bagi penderita diabetes, salah satu cara mendeteksi kenaikan gula darah adalah dengan menggunakan alat yang mengharuskan tangan ditusuk untuk mendapatkan sampel darah Anda.

Namun, jika Anda tidak suka cara ditusuk-tusuk seperti itu, Dr. Eran Segal and Dr. Eran Elinav dari Weizmann Institute of Science di Tel Aviv memberitahukan cara untuk mendeteksi makanan apa saja yang menyebabkan lonjakan gula darah.

Gunakanlah skala 1 = tidak lapar sama sekali, 2 = sedikit lapar, 3 = cukup lapar, 4 = sangat lapar, 5 = sangat sangat lapar, untuk menilai tingkat kelaparan Anda sebelum makan. Kemudian, satu sampai tiga jam sesudah makan cek apakah Anda masih merasa lapar.

Makanan yang menimbulkan rasa lapar setelah Anda makan, kemungkinan besar yang menyebabkan lonjakan gula darah lebih tinggi.

Semakin tinggi jumlahnya dan semakin lama durasi saat gula darah tinggi (atau semakin lama Anda tetap merasa lapar), itu artinya semakin tinggi lonjakannya.

Anda seharusnya tidak merasa lapar setelah makan, karena makanan yang tepat tidak akan membuat Anda merasa lapar karena kenaikan gula darah dalam skala normal.

Jika masih merasa lapar setelah makan, saat Anda seharusnya merasa kenyang, ini bisa menjadi tanda makanan tersebut memicu lonjakan gula darah.

Menurut Dr. Segal dan Dr. Elinav, dengan mengidentifikasi makanan mana yang baik dan buruk, orang-orang dengan kondisi pra-diabetes dapat mengembalikan kadar gula darah kembali normal, hanya dalam waktu seminggu.


https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/cara-deteksi-makanan-yang-sebabkan-gula-darah-melonjak